The Sims™ 3 diluncurkan untuk konsol permainan rumahan (home console) pada 26 Oktober 2010 untuk PlayStation 3, Xbox 360, iOS, Android dan Nintendo DS dan kemudian pelantar (platform) Wii pada tanggal 15 November 2010. Versi Windows Phone mulai tersedia pada Windows Phone Marketplace pada 15 Oktober 2010 dengan harga $6.99. Ada juga versi Nintendo 3DS, diluncurkan pada tanggal 27 Maret 2011, sebagai salah satu judul diluncurkan. Tersedia juga untuk ponsel, dan versi yang lebih sederhana untuk ponsel dengan Java.
The Sims™ 3 sukses terjual 1,4 juta salinan dalam minggu pertama. Permainan ini mendapat banyak kritik. The Sims™ 3 memperoleh peringkat 86/100 dari Aggregator Metacritic. Permainan ini telah terjual lebih dari sepuluh juta salinan di seluruh dunia sejak diluncurkan tahun 2009 sehingga membuatnya menjadi salah satu penjualan permainan komputer terbaik sepanjang masa.
Cara main
The Sims™ 3 dirancang di atas gagasan yang sama seperti pendahulunya. Pemain mengendalikan Sim mereka sendiri dalam kegiatan dan hubungan dengan cara yang mirip dengan kehidupan nyata. Permainannya terbuka dan tak berbatas. Rumah Sim dan lingkungan sepenuhnya ada di dalam satu peta yang berkesinambungan. Para pengembang menyatakan, "Apa yang Anda lakukan di luar rumah Anda kini juga penting pula dengan apa yang Anda lakukan di dalam." Salah satu perubahan terbesar untuk waralaba adalah penggunaan lubang-kelinci (rabbit-hole). Sim tidak diperbolehkan masuk ke dalam sebagian besar bangunan kota, melainkan mereka hanya menghilang di dalamnya untuk sekian waktu; saat Sim berada di dalam lubang-kelinci, pemain diberikan kendali atas pilihan akan apa yang terjadi di dalam dengan menggunakan pemberitahuan berbasis teks.The Sims™ 2 menggunakan sistem imbalan (reward system) yang disebut Kemauan dan Kekhawatiran. Sistem ini diganti dengan sistem baru yang disebut Keinginan di The Sims™ 3. Memenuhi keinginan Sim memberikan sumbangsih untuk nilai-angka (score) Kebahagiaan Seumur Hidup dan Suasana Batin Sim. Beberapa harapan, seperti "Pergi ke Taman", dapat menambah banyak nilai untuk kebahagiaan hidup mereka sementara "Punya seorang Bayi Putra" dapat menambah ribuan nilai. Dalam The Sims™ 3, cita-cita ditiadakan dan digantikan dengan "suasana batin" (moodlets), yang menyumbangkan nilai-nilai berpengaruh baik atau buruk terhadap penanda motivasi. Suasana hati dapat terilhami oleh peristiwa jasmani, seperti menikmati makanan yang lezat atau merasa nyaman duduk di kursi, serta peristiwa batiniah seperti ciuman pertama atau putus hubungan. Suasana hati biasanya berlangsung dengan jangka waktu yang ditetapkan, tetapi beberapa suasana hati yang berpengaruh buruk dapat dipulihkan (seperti yang dikeluarkan oleh kebutuhan mendesak untuk buang air kecil) dan beberapa yang berpengaruh baik bergantung pada lingkungan Sim dan sifat.
Selain itu, permainan ini juga memiliki pilihan yang disebut Kemajuan Alur Cerita yang memungkinkan semua Sim di lingkungan untuk mandiri terus seolah-olah pemain yang mengendalikan mereka, seperti tumbuh besar, menikah, mendapatkan pekerjaan dan naik jabatan, punya anak, membangun atau membeli rumah impian mereka, sementara pemain tidak memainkannya. Sim hidup untuk jangka waktu tertentu (dapat diatur oleh pemain) dan terlebih dahulu melalui beberapa tahap (bayi, balita, anak, remaja, dewasa muda, dewasa, dan lansia). Sim bisa mati di usia lanjut atau mereka bisa meninggal pradini (premature) oleh akibat seperti kebakaran, kelaparan, tenggelam, tersetrum mati dan dengan The Sims™ 3: Petualangan Dunia: kutukan dari mumi, dengan The Sims™ 3: Ambisi: jatuhan benda angkasa luar, dan dengan The Sims™ 3: Larut Malam: kehausan (hanya bagi keadaaan hidup vampir saja).
Salah satu penambahan utama cara main adalah peluang: tugas-tugas yang dapat diselesaikan Sim untuk mendapatkan imbalan. Beberapa tantangan ini terjadi secara acak berdasarkan pengaruh gaya hidup masing-masing Sim, seperti hubungan, keterampilan dan pekerjaan: Peluang karier seperti bekerja lembur atau menyelesaikan tugas-tugas khusus dapat menghasilkan kenaikan gaji, gaji tambahan, atau meningkatkan hubungan antara rekan kerja atau atasan; Peluang keterampilan termasuk permintaan oleh tetangga atau warga bagi Sim untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan keterampilan yang mereka sudah pelajari supaya mereka dapat memperoleh imbalan berupa uang tunai atau imbalan hubungan baik. Apabila peluang tersebut berkaitan dengan sekolah Sim, imbalan mungkin berupa peningkatan prestasi pelajaran sekolah.
No comments:
Post a Comment